Jurnal pembelajaran sosial emosional dalam konteks PPG (Pendidikan Profesi Guru) 2025, khususnya dalam bahasa Indonesia, dapat merujuk pada catatan reflektif guru tentang penerapan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional siswa. Jurnal ini mencakup pengamatan, refleksi, dan rencana tindak lanjut terkait implementasi pembelajaran sosial emosional (PSE) di kelas.
Contoh Format Jurnal Pembelajaran Sosial Emosional (PSE):
Identitas:
Nama Guru: [Nama Lengkap]
NIM: [Nomor Induk Mahasiswa]
Sekolah: [Nama Sekolah]
Kelas: [Kelas yang Diajar]
Tanggal: [Tanggal Jurnal Dibuat]
Topik Pembelajaran: [Topik Pembelajaran yang Berkaitan dengan PSE]
Deskripsi Pembelajaran:
Tujuan Pembelajaran PSE
Siswa dapat mengenali dan mengelola emosi mereka dengan lebih baik.
Kegiatan Pembelajaran
Diskusi kelompok tentang berbagai emosi, bermain peran situasi konflik, membuat jurnal refleksi harian tentang emosi.
Strategi Pembelajaran
Menggunakan metode "Think-Pair-Share" untuk diskusi, memberikan contoh konkret situasi emosional, dan memberikan umpan balik positif.
Tantangan
Beberapa siswa masih kesulitan mengenali dan mengungkapkan emosi mereka dengan jelas, ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam diskusi kelompok.
Keberhasilan
Sebagian besar siswa terlihat lebih berani dalam berbagi perasaan mereka setelah bermain peran.
Pembelajaran
Pentingnya memberikan ruang aman bagi siswa untuk berbagi emosi, pentingnya memberikan contoh yang konkret agar siswa lebih mudah memahami konsep emosi, dan pentingnya memberikan umpan balik yang spesifik.
Rencana Tindak Lanjut
Memberikan pertanyaan pemantik yang lebih spesifik untuk diskusi kelompok, memberikan lebih banyak waktu untuk siswa berlatih mengenali emosi, dan memberikan pujian yang spesifik.
Tips Menulis Jurnal PSE:
Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
Berikan contoh konkret dari pengalaman di kelas.
Jujur dalam merefleksikan pengalaman.
Fokus pada aspek-aspek yang relevan dengan PSE.
Jadikan jurnal sebagai alat untuk belajar dan berkembang.